Perbandingan Sosial Media
A.
Pendahuluan
Di era globalisasi ini perkembangan
teknologi semakin pesat. Dengan kemajuan teknologi kita tidak lagi mengenal batas,
jarak, ruang, dan waktu. Ini pastinya sangat menguntungkan kita karena dengan
adanya teknologi yang semakin canggih sangat mempermudah aktivitas manusia,
seperti sosial media. Di zaman globalisasi ini siapa sih yang tidak kenal denga sosial
media? Ya pasti semua orang pasti mengenal sosial media. Sosial media adalah
suatu wadah untuk berinteraksi dengan orang lain secara online di dunia maya
yang tidak dibatasi waktu dan wilayah. Kehidupan kita pasti tidak akan pernah
lepas dari yang namanya sosial media. Karena kita sangat diberikan kemudahan
untuk berkomunikasi. Tidak seperti dahulu sebelum munculnya sosial media kita
harus mengirim surat untuk berkomunikasi jarak jauh yang memakan waktu sangat
lama, tarif telepon yang sangat mahal. Apalagi dengan perkembangan mobile phone
dan teknologi internet yang semakin canggih maka saat itu juga sosial media pun
berkembang dengan sangat pesat. Dengan adanya sosial media kita dapat
berkomunikasi dengan siapa saja tanpa dibatasi oleh wilayah dan waktu. Selain
itu, pengguna sosial media dapat berbagi informasi berupa, kejadian, berbagi
foto, dan dapat juga untuk menambah wawasan serta bisa juga sebagai ajang untuk
mencari atau menambah teman. Ditambah lagi dengan adanya smartphone dan
provider yang dapat memudahkan kita untuk bersosial media kapanpun dan
dimanapun. Tetapi dengan segala kemudahannya kita jangan sampai terlena dengan
sosial media, karena disini kita bisa menjadi apa saja di dunia maya. Di sosial
media orang biasa bisa menjadi orang besar, maupun orang besar bisa menjadi
seseorang yang kecil. Itu tergantung bagaimana kita membawa diri kita dalam
menggunakan sosial media. Dengan segala kelebihan yang dimiliki sosial media
menyebabkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di
negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kemudahan dan kecepatan
yang dimiliki media sosial juga perlahan-lahan mulai menggantikan peranan media
massa konvensional dalam menyebarkan informasi.
B.
Dampak
Sosial Media
·
Dampak
Positif :
1.
Informasi
Disosial media
kita bisa mendapatkan informasi dimanapun dan kapanpun secara cepat melalui
gadget ataupun laptop yang kita gunakan
2.
Wawasan
Disosial media
kita bisa mendapatkan ilmu maupun wawasan seperti memudahkan kita dalam membuat
tugas
3.
Menyatukan
keluarga, kerabat
Disosial media
kita bisa berkomunikasi dengan keluarga ataupun kerabat yang tinggal ditempat
yang berjauhan dengan kita
4.
Relasi
Kita bisa
menambah relasi, teman dari seluruh dunia dengan menggunakan sosial media
5.
Fitur-fitur
unggulan
Disosial media
kita bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia seperti berbagi dokumen,
bertukar foto maupun pesan suara
6.
Komunikasi
Disosial media
kita bisa berkomunikasi dengan teman, sahabat yang berjauhan kapanpun dan
dimanapun.
7.
Promosi
Disosial media
kita bisa menggunakannya sebagai ajang promosi produk maupun jasa yang
ditawarkan
·
Dampak
Negatif :
1.
Cyber
crime
Kejahatan
dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya : carding, hacking,
cracking, phising, dan spamming
2.
Kurang
pergaulan
Karena
kita terlalu asyik bermain disosial media dibandingkan bertatap muka secara
langsung
3.
Kecanduan
Dengan
segala fitur-fitur unggulan yang tersedia disosial media kita menjadi terus
ingin berseluncur di sosial media sampai lupa waktu
4.
Malas
Karena
sosial media kita kurang memanfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya, kita
malah sibuk berseluncur disosial media
5.
Privasi
Dalam
menggunakan sosial media kita cenderung terlalu mengekspos secara berlebihan
sampai-sampai kita lupa menjaga privasi kita
6.
Pornografi
Disosial
media kita sering melihat gambar-gambar yang berbau pornografi yang membuat
seseorang cenderung untuk bertindak criminal
7.
Bahasa
Indonesia mulai tergeser
Dalam
menggunakan sosial media khususnya kaum remaja cenderung menggunakan bahasa
“gaul” atau “alay” sehingga melupakan untuk menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
C.
Perbandingan
Sosial Media
Disini kita akan membandingkan 10 sosial
media yang terpopuler di Indonesia menurut saya, yaitu :
1.
Facebook
Facebook
merupakan situs pertemanan sosial yang berdiri pada 4 Februari 2004. Pendirinya
yaitu Mark Zuckerberg, Andrew Mc Callum, Dustin Moskovitz, Chris Hughes.
Awalnya situs ini hanya dibatasi untuk mahasiswa Harvard saja kemudian
diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford.
Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain
sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap
orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer
Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang
memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar
persyaratan layanan situs ini. Kegunaan utamanya untuk saling berkomunikasi
dengan user facebook lainnya.
v Fitur-fitur :
a.
Update
Status : Memberitahu segala keadaan kita
b.
Message
: Berkirim pesan dengan pengguna facebook lain
c.
Chat
: Dapat saling berkomunikasi dengan pengguna facebook lain
d.
Photos
: Mengupload foto
e.
Videos
: Mengupload video
f.
Friends
: Menambah teman
g.
Application
: Banyak applikasi menarik
h.
Games
: Permainan menarik
i.
Note
: Menulis catatan untuk dishare dengan pengguna facebook lainnya
j.
Wall
: Ruang sesama user facebook untuk berkirim pesan terbuka
k.
Poke
: Untuk saling mencolek secara virtual
l.
Gifts
: Untuk berkirim hadiah
m.
Menu
Sunting dan Hapus Foto : Mengedit kembali komentar ataupun menghapusnya
n.
Emoticon
: Untuk mempercantik tampilan chat
o.
Menu
Pageview : Mempromosikan informasi yang dishare ke facebook
2.
Twitter
Twitter adalah
suatu jejaring sosial dan microblogging yang dirilis pada 15 Juli 2006. Twitter
didirikan oleh Jack Dorsey, Evan Williams Noah Glass, Biz Stone. Kenapa twitter
disebut juga microblogging? Ya, karena twitter hanya dibatasi 140 karakter untuk
mengirim tweet. Sejak
diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling
sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki
dengan "pesan singkat dari
Internet." Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan,
sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat
seluler.
v Fitur-fitur :
a.
@
: Alamat user twitter untuk berkirim pesan
b.
RT
: Menyampaikan ulang tweet
c.
DM
: Mengirim pesan pribadi
d.
Update
Status : Untuk menshare keadaan kita
e.
Del
: Menghapus tweet
f.
Follow
: Mengikuti user twitter lain
g.
Unfollow
: Tidak mengikuti user twitter lain yang pernah diikuti sebelumnya
h.
Unggah
foto : Mengunggah foto
i.
Favorit
: Menyimpan tweet yang kita sukai
j.
Trending
Topic : Topik yang sedang hangat di pengguna twitter diseluruh dunia
k.
Hash
Tag : Mempermudah dalam mencari topik yang sedang hangat dibicarakan
3.
Instagram
Instagram
adalah jenis situs untuk sharing foto & video yang memungkinkan pengguna
mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai
layanan jejaring
sosial,
termasuk milik Instagram sendiri. Instagram berdiri pada 6 Oktober 2010. Pendirinya
yaitu Kevin Systrom, Mike Krieger.
v Fitur-fitur :
a.
Following
: Mengikuti user instagram lain
b.
Unfollow
: Tidak mengikuti user twitter lain yang pernah diikuti sebelumnya
c.
Upload
Foto : Mengunggah foto
d.
Upload
video : Mengunggah video
e.
Efek
Foto : Disini kita bisa mengedit foto sesuai keinginan kita
f.
Tag
foto : Kita bisa men-tag orang dalam foto tersebut
g.
Geotagging
: Kita bisa menshare lokasi foto
h.
Like
: Bila kita menyukai share foto/video user lain
4.
Path
Path
adalah situs pertemanan sosial yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan.
Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat berbagi momen dengan keluarga dan teman-teman
terdekat. Path berdiri pada November 2010. Pendirinya yaitu Dave Morin, Shawn
Fanning, Dustin Mierau. Kegunaan utama untuh menshare momen.
v
Fitur-fitur
a.
Profile
: ada 2 yaitu profile picture dan cover picture
b.
Share
Moment : Untuk menshare suatu kejadian
c.
Stiker
Shop : untuk user yang menginginkan stiker lucu yang tidak ada dalam stiker
bawaan
d.
Sleep
& Awake : Memberi tahu pengguna sedang tidur atau bangun
e.
Upload Foto & Video : Untuk menshare foto
maupun video
f.
Locatian
Update : Untuk menshare lokasi simana kita berada
g.
Music,
film, book : Untuk menshare music apa yang kita dengar, film yang kita tonton,
buku yang kita baca
h.
Update
Status : Untuk menshare suatu keadaan
i.
Message
: Untuk dapat berkirim pesan
j.
Comment
: Untuk dapat berkomentar dim omen user lain
k.
Emoticons
: Untuk menyatakan tanggapan dari setiap momen user lain
l.
Viewer
: Agar user dapat melihat berapa yang melihat momen yang kita unggah
5.
Google+
Google+
adalah Sosial media yang berdiri pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk
diuji coba. Di hari itu, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di
atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian
setelah pembuatan akun semakin membeludak. Pendirinya yaitu Time Google, Inc.
Fitur-fitur Google+ banyak memiliki kemiripan dengan Facebook dan Linkedln.
v Fitur-fitur :
a.
Circles
: Menambah & mengelompokkan berdasarkan hobi yang sama
b.
+1
: Like layaknya facebook dan instagram
c.
Huddle
: Menuliskan pesan instan ke group teman
d.
Private
Messages : Pesan pribadi
e.
Photos
& Videos : Share foto & video
f.
Hangouts
: Memulai obrolan dengan group
g.
Sparks
: Untuk mendapatkan kabar berita sesuai hobi
h.
Verified
Name : Untuk public figure
i.
Fitur
HD & Video Chat : Mengobrol dengan teman paling tidak 10 teman
j.
Formate
Text : Untuk update status
k.
Notifikasi
Google+ : Memberi notifikasi lewat mobile phone
l.
Hubungkan
Google+ dengan akun sosial network lain :
m.
Google+
Data Backup : Back up seperti foto, informasi profil, daftar kontak, foto
stream
n.
Ubah
tampilan bahasa Google+ : Mengubah bahasa darimana berasal
o.
Menggunakan
beberapa akun pada browser yang sama : Bagi yang memiliki akun google+ lebih
dari satu
6.
Whatsapp
Whatsapp adalah
sosial media yang berfungsi untuk berkirim pesan secara instan yang berdiri
pada tahun 2009. Pendirinya yaitu Brian Acton & Jan Koum. Awalnya, WhatsApp
dibuat untuk pengguna iPhone, kemudian seiring dengan
perkembangannya, aplikasi WhatsApp tersedia juga untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone dan Symbian. Sampai pada
November 2010, WhatsApp menduduki posisi peringkat ke 3, aplikasi paling laris
yang diunduh melalui nokia Ovi Store, setelah Swype dan NHL game center
premium
v
Fitur-fitur
:
a.
View
contact : Melihat kontak
b.
Avatar
: Mengambil data avatar dari profile phone book
c.
Add
Conversation : Menambah shortcut conversation ke homescreen
d.
Email
Conversation : Mengirim obrolan
e.
Copy/paste
: Menduplikasi
f.
Smile
icon : Menambahkan emoticon
g.
Search
: Mencari daftar kontak
h.
Call
: Menelepon secara langsung
i.
Whatsapp
call : Melakukan panggilan menggunakan koneksi internet
j.
Block
: Memblok kontak tertentu
k.
Status
: Menampilkan status dibawah nama teman
7.
Line
Line adalah
sosial media yang berrilis pada tanggal 23 Juni 2011. Pembuatnya yaitu Lee Hae
Jin. LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. Kegunaan
utama Line yaitu mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan
lain lain dengan menggunakan koneksi internet. LINE dapat digunakan pada
berbagai platform seperti iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry OS bahkan Computer
Mac OS X dan Microsoft
Windows.
LINE hanya dapat digunakan untuk sesama pengguna LINE. LINE menggunakan nomor
telepon sebagai ID dan dapat membuat ID pengguna untuk memudahkan orang
mengundang kita. Kita juga dapat menyembunyikan nomor telepon untuk melindungi
privasi. LINE juga menyediakan fitur Blocked List pada tab privacy setting, dan juga menyedikan
fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi
percakapan kita.
v
Fitur-fitur
:
a.
Sticker
: Ini merupakan daya tarik dari line karena kita bisa meluapkan perasaan kita
melalui stiker-stiker yang lucu
b.
Thema
: Mempercantik tampilan line
c.
Friend
Recommendation : Menemukan rekomendasi teman
d.
Add
friend : Menambah teman
e.
Find
Alumni : Menemukan teman lama
f.
Block
List : Memblok suatu pengguna
g.
Attachment
: Melampirkan
file untuk dikirim ke teman LINE anda seperti suara, gambar, dll
h.
Video
call : Panggilan video
i.
Chat
: Mengirim pesan dengan pengguna lain
j.
QR
Code : Menambah teman dengan cara scan QR Code
k.
Free
Call : Panggilan menggunakan koneksi internet
l.
Group
: Berkomunikasi dengan grup yang kita buat
m.
Timeline
: Mengupdate kegiatan melalui foto, stiker maupun lokasi
n.
Informasi
menarik dari Official Account Line : Mendapatkan informasi menarik
8.
BBM
(Blackberry Massenger)
BBM
adalah situs sosial media yang berdiri pada tahun 2005. Pendirinya yaitu Garry
Klassen. Cara menggunakan BlackBerry Messenger adalah dengan penghubung nomor PIN. BBM mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang
populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam. BBM merupakan salah
satu keunggulan dari penggunaan perangkat BlackBerry selain layanan Push Mail. BBM ini dibuat
khusus bagi pemilik BlackBerry dan dirancang
khusus untuk berkomunikasi di antara pengguna. Tetapi, pada tanggal 23 Oktober
2013, layanan BBM secara resmi bisa digunakan lintas platform dengan dirilisnya
BBM untuk iOS dan Android.
v
Fitur-fitur
:
a.
Update
Status : Menshare kegiatan yang kita lakukan
b.
Berbagi
berkas : Bertukar foto, file, maupun lagu
c.
Percakapan
Group : Berkomunikasi dengan group yang kita bentuk
d.
Kode
batang : Menambah teman dengan menscan kode batang
e.
Display
Picture : Mengupdate tampilan bbm
f.
Broadcast
: Pesan yang dapat dikirim sekaligus ke bebrapa maupun semua kontak
g.
Membagi
Lokasi : Berbagi lokasi dimana kita berada
h.
Call
: Melakukan panggilan langsung
9.
Snapchat
Snapchat
adalah sosial media foro & video sharing yang berdiri pada September 2011.
Pendirinya yaitu Evan Spiegel, Reggie Brown, Bobby Murphy. Snapchat diciptakan oleh tiga orang mahasiswa
Stanford University, yaitu Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown.
Mulanya ini adalah proyek kelas Spiegel dan Brown dengan nama Picabbo. Keduanya
kemudian menggandeng Murphy untuk merealisasikannya ke dalam aplikasi. Pada
bulan Juli 2011, Picabbo resmi memulai debut namun kemudian diubah menjadi
Snapchat dan mendarat di Android pada 29 November 2012. Pengguna dapat
mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan lukisan, dan mengirimkannya
ke daftar penerima yang ditentukan pengguna.
v
Fitur-fitur
:
a.
Interface
sederhana
b.
Replay
: Melihat ulang snap yang diterima
c.
Lenses
: Filter foto
d.
Thropies
: Untuk mengirim 10 Snap dengan posisi LED flash kamera depan menyala
e.
Add
friend : Menambah teman
f.
Chat
: Video Call & Instan Messaging
g.
Discover
: Memuat berita
h.
Story
: Menyiarkan video personal
i.
Snapcash
: Mengirim uang ke pengguna lain
10.
Youtube
Youtube adalah sosial media yang berdiri 14
Februari 2005. Pendirinya yaitu Chad Hurley, Steve Chen, Jawed Karim. Kegunaan
utama youtube yaitu mengunggah, menonton, dan berbagi video. Kebanyakan konten
di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti
CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi
lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program
kemitraan YouTube.
v
Fitur-fitur
:
a.
Playback
: Menonton video membutuhkan plug-in
b.
Unduh
: Mengunduh video
c.
Kualitas
dan Codec
d.
Video
3D : Menyuguhkan video 3D
e.
Keteraksesan
Konten : Kemampuan menonton video disitu luar
f.
Platform
: Beberapa telepon
pintar
dapat mengakses video YouTube, tergantung penyedia dan data plan-nya
D.
Tabel
Perbandingan Fitur-fitur pada Sosial Media
E. Tabel
Perbandingan Kekurangan & Kelebihan Sosial Media
Referensi :
saya suka dengan blog Anda. untuk temanya rapi, menarik dan simpel
BalasHapus